10 Steps Skincare Routine di Bawah 200 Ribu!

by - 12:57:00 AM


Hello, my beauty readers! Sejak ngegandrungin website dan Youtube channel-nya Female Daily, aku jadi concern banget masalah skincare. Sebenernya sejak zaman dulu pun aku udah gonta-ganti skincare sebelum kenal makeup, tapi dulu skincare aku cuma sebatas facial foam dan moisturizer aja. Pakai moisturizer pun kalau inget aja hahaha... Menyedihkan banget!

Tapi... walaupun aku pengikut setia Female Daily banget, di sana kebanyakan rekomendasi skincare-nya tuh yang di atas 50 ribu semua masing-masing produknya. Nggak mungkin banget kan, aku yang belum punya pendapatan sendiri harus beli produk-produk seharga 50-100 ribuan itu walaupun emang kualitasnya super duper bagus? Lagi pula kulit aku sebenernya nggak bermasalah banget kok. Cuma kusam, pori-pori besar, dan berminyak aja. Akhirnya aku puter otak sendiri deh, coba-coba skincare drugstore yang cuma belasan-25 ribu saja dan mulai merhatiin banget mana yang cocok untuk kulit aku, mana yang nggak.

Mungkin judul postingan ini jadi terlihat familiar ya, karena aku memang terinspirasi dari 200k Makeup Challenge di Youtube. Di postingan ini sih, bukan challenge. Aku cuma kasih rekomendasi aja produk-produk skincare murah yang kualitasnya oke bagi kalian yang berusia 17-20 an tahun yang kulitnya tidak bermasalah parah.

Nah, selain itu beberapa waktu belakangan mulai muncul trend 10 steps skincare routine-nya orang-orang Korea sana. Setelah aku pelajari, mereka memang butuh 10 steps skincare karena iklim Korea yang bikin kulit mereka kering. Tapi aku udah keburu suka sama hasil dari 10 steps skincare itu, jadi masih aku gunakan sampai sekarang. Bagi kalian yang penasaran apa aja produk skincare yang aku gunakan sejak November 2016 sampai sekarang dan mungkin beberapa tahun ke depan, let's check it out!

1. Double Cleansing

Sebenernya bukan hanya orang Korea yang melakukan double cleansing, kita semua yang setiap harinya menggunakan sunscreen dan makeup wajib melakukan double cleansing. Tapi, di postingan lalu aku pernah nulis kalau aku melakukan quadruple cleansing (empat tahap membersihkan wajah). Sebenernya enak banget sih, quadruple cleansing... Cuma aku jujur nih, aku anaknya males banget. Jadi aku melakukan quadruple cleansing kalau lagi rajin atau kalau makeup-nya berat aja.

Nah, produk yang aku gunakan dalam tahap cleansing yang pasti banget setiap hari itu:

-Viva Milk Cleanser Bengkoang = Rp. 5.000
Kalau di postingan yang lalu aku nulis pertama aku hapus makeup mata dan bibir terlebih dahulu, kalau sekarang aku ganti jadi hapus makeup muka terlebih dahulu. Kenapa? Nanti aku kasih tahu. 

Aku pilih Viva Milk Cleanser Bengkoang karena harganya super duper murah! Nggak ada yang lebih murah dari ini. Selain itu, aku udah cobain varian lain kayak Lemon, Green Tea, dan lain-lain. Tapi menurutku karena mereka berwarna, jadi aku susah untuk tahu apakah makeup aku udah luruh atau belum. Kalau Bengkoang kan warnanya putih, jadi pas makeup-nya luruh ketauan karena warna putihnya berubah jadi keruh. Dan alasan terakhir adalah, Viva Milk Cleanser ini nggak lengket dan nggak bikin muka kering ataupun berminyak. Lembut deh, setelah pakai ini.

-Pixy Eye & Lip Makeup Remover = Rp. 20.000
Nah, jawaban kenapa aku pakai oil based makeup remover setelah milk cleanser adalah karena setelah membersihkan makeup mata dan bibir, di sisi belakang kapasnya kan masih kosong jadi aku usap juga ke seluruh muka. Siapa tahu masih ada makeup yang tersisa.

Kenapa aku pilih Pixy Eye & Lip Makeup Remover jawabannya kurang lebih sama sih, dengan sebelumnya. Karena murah banget, terus nggak perih di mata, nggak pahit, dan kandungan honey-nya bikin lembut.

-Pixy Brightening Facial Foam = Rp. 10.500
Sebenernya aku merasa biasa aja sama facial foam ini. Aku jauh lebih suka Garnier, Acnes, dan Clean & Clear. Tapi Pixy Brightening Facial Foam ini super murah! Dengan 10.500 aja udah bisa bawa pulang yang ukuran 50 gram nya. Jadi aku pasti balik beli ini terus mengingat budget yang tersedia hahaha...

2. Scrubbing/Exfoliating/Peeling
Pixy Dull-Off Polish Facial Scrub = Rp. 11.000
Sebenernya kalau di Female Daily tuh, disarankan pakai exfoliating toner. Cuma, exfoliating toner kayaknya 50 ribuan ke atas bukan sih, harganya? Jadi aku masih scrubbing aja. Padahal udah banyak banget orang yang meninggalkan produk yang mengandung microbeads, tapi aku suka karena efeknya kerasa banget. Emang sih, scrub-nya walaupun kecil-kecil tapi cukup tajem juga si Pixy ini. Jadi hati-hati ya, kalau kulit kalian sensitif dan kalian mau coba ini. Oh iya, scrubbing cuma sekali seminggu aja lho, ya!

3. Facial Mask
Mustika Ratu Krem Masker Bengkoang = Rp. 13.000
Setelah menggunakan scrub, step selanjutnya adalah menggunakan masker. Masker sendiri pilihannya ada banyaaak banget! Ada sheet mask, peel off, atau wash off. Aku paling suka wash off. Walaupun agak ribet sih, mesti diaplikasiin sendiri, tunggu kering, terus bilas dengan air. Abis aku coba yang peel off tapi kurang nendang hasilnya. Kalau sheet mask agak pemborosan menurutku hahaha... Masker ini juga aku gunakan seminggu sekali aja.

4. Toning
Viva Astringent Cucumber = Rp. 5.000
Setiap hari, aku menggunakan toner setelah pakai facial foam. Kalau seminggu sekali aku pakai toner ya setelah pakai wash off mask. Biasanya orang lain banyak yang double toning, yaitu menggunakan exfoliating toner dan hydrating toner. Tapi aku cukup Viva Astringent ini aja, deh. Sebenernya mungkin kualitasnya nggak sedahsyat toner lain yang lebih mahal, tapi aku cukup suka kok dengan performa Viva Astringent Cucumber ini.

Varian ini sendiri memiliki fungsi untuk mengurangi kadar minyak dan meringkas pori-pori selain untuk menjaga pH kulit. Aku pribadi sudah coba yang varian Lemon, Green Tea, dan lain-lain, tapi paling suka sama yang Astringent Cucumber ini. Aroma-nya sih agak menyengat. Mirip sama Sariayu Intensive Acne Care yang akan aku bahas nanti. Tapi karena aku merasa cocok dengan Viva Astringent Cucumber ini, ya udah beli lagi beli lagi.

5. Serum/Essence
Garnier Light Complete White Speed Super Essence = Rp. 25.000
Sebenernya serum dan essence itu beda, sih. Tapi aku bingung sama produk ini. Dia ini serum atau essence, sih? Soalnya namanya ada dua-duanya hahaha... Ya udah akhirnya aku pakai ini aja. Entah ini serum atau essence. Ada yang tahu?

Aku mikirnya, mungkin bisa jadi serum dan essence juga jadi nggak perlu pakai serum dan essence secara terpisah hahahaha... Yang tahu ini serum atau essence, please kasih tahu dong....

6. Eye Cream
Mazaya Dermo Eye Treatment Gel = Rp. 25.000
Ini adalah eye cream pertama aku setelah bingung mau coba ini atau Viva. Kesanku terhadap produk ini agak aneh sama packaging-nya dengan tutup yang panjang. Apa gunanya? Terus merasa agak lengket awalnya, mungkin karena pertama kali pakai eye cream. Tapi lama-lama aku merasa seneng soalnya mataku kan kelopaknya suka beda kalau tidur kemaleman, nah kalau pakai ini rasanya agak mendingan dan kantung mata juga nggak se-puffy biasanya.

7. Moisturizer
Mazaya Moisturizer Cream with Astaxanthin = Rp. 20.000
Duh, udah no comment sama produk ini. Aku pernah review lengkap di sini. Pokoknya suka paraaah sama produk ini. Mazaya Moisturizer Cream with Astaxanthin ini nggak mengandung SPF, jadi bisa dipakai untuk pagi ataupun malam hari.

Cuma, aku punya rekomendasi produk lain kalau kalian mau moisturizer pagi dan malam secara terpisah, yaitu:

-Pixy White Aqua Gel Cream SPF 30 + PA+++ = Rp. 22.500 (Pernah aku review di sini)
-Pond's White Beauty Night Cream = Rp. 18.000 (Pernah aku review di sini)

8. Acne Care
Sariayu Intensive Acne Care = Rp. 20.000
Setiap bulan pasti ada jerawat yang muncul di muka aku. Biasaaa... jerawat bulanan. Nah, akhirnya aku pakai ini untuk mengatasi jerawat aku. Aromanya kayak apa ya... Belerang mungkin, karena kandungan belerangnya? Pokoknya menyengat banget, deh! Terus pas diaplikasikan ke muka rasanya panas karena produknya sedang bekerja. Pertama kali pakai ini sih, panaaaas banget rasanya. Tapi lama-lama karena udah biasa, ya panas aja. Nggak panas banget.

Sariayu Intensive Acne Care ini ampuhnya cuma untuk jerawat yang nggak ada matanya alias jerawat di dalem gitu. Waktu itu aku pernah pakein ini ke jerawat yang ada matanya, eh malah bekasnya menghitam sampai sekarang! Parah banget, kan? Untung kecil, dan masih bisa ditutup makeup. Jadi kalau jerawat yang ada matanya, aku lebih suka congkel sendiri sih. Malah jadi nggak berbekas.

9. Sunscreen
Emina Sun Protection SPF 30 + PA+++ = Rp. 25.000
Produk ini masih baru banget nih, di meja rias aku. Review lengkapnya di sini. Pokoknya ini sunscreen termurah dan nggak bikin berminyak di aku. Beda sama Wardah Sunscreen Gel. Recommended deh, pokoknya! Oh iya, sunscreen pakainya kalau mau beraktivitas di luar rumah aja ya. Jangan pakai sunscreen kalau malam hari hehehe *siapa tau ada yang belum tau gitu...*

Udah deh, segitu aja 10 steps skincare routine aku sekarang. Lho, nomor 10-nya mana? Nah, itu dia. Aku kan masih bingung sama si Garnier serum atau essence itu, jadi anggap lah itu dua produk ya... Hahahaha... Curang! 

Nah, setelah ditotal seluruh produk di atas harganya cuma Rp. 179.500 (yang day cream dan night cream-nya nggak dihitung). Kalaupun kalian mau day cream dan night cream yang terpisah, harganya pas banget Rp. 200.000, lho! Super duper affordable tapi kualitasnya oke punya. 

Hal yang aku notice setelah rutin menggunakan produk-produk skincare di atas adalah kulitku terlihat lebih cerah (di aku, Garnier yang berpengaruh besar dalam hal mencerahkan kulit), pori-poriku lumayan nggak segede-gede zaman dulu (Viva Astringent Cucumber emang top walaupun murah!), dan tinggal hidung aja yang super duper berminyak. Dahi, pipi, dan dagu normal. Yeay! Ngaruh banget sih emang skincare yang dipakai secara konsisten walaupun harganya super duper murah.

Sebenernya skincare itu bukan yang paling mahal yang paling bagus, tapi lebih melihat ke permasalahan kulit sendiri dan konsisten dalam menggunakannya aja, sih. Di antara produk-produk skincare di atas, yang paling susah itu sunscreen. Kenapa? Karena sunscreen mesti diaplikasikan setiap 2-3 jam dan mesti diaplikasikan 15 menit sebelum terpapar matahari. Sedangkan aku hampir setiap jam pasti terpapar matahari. Jadi walaupun konsisten pakai, ya merasa sia-sia gitu karena belum nunggu 15 menit eh udah kena matahari duluan.

Oke deh, segini aja dulu postinganku hari ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan selanjutnya! Bye ^^

You May Also Like

30 komentar

  1. Ternyata nggak aku doang yang merasa kalo baunya Viva Astringent ini nyengat. Aku baru tau kalo bisa ngikutin 10 steps skincare dengan budget under 200k xD selama ini bayanginnya pake produk korea yang mahal2 wkwkwk

    kaniarda.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Kan udah ada penjelasannya, Kak.. Kelewatan ya? Hehehe...

      Delete
  3. waw. samaan pake garnier supper essence. Tapi aku gak ikut 10 stepnya suka males kalo malem hhe.


    www.cyanophytaa.net

    ReplyDelete
  4. Aku dari kmarin mau beli yang intensive acne carenya sariayu blom kesampean terus huhu

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan oke sih buat jerawat yang nggak ada matanya.

      Delete
  5. Kok bisa samaaaa pijiran kita mbaa, ak jg lg ngelist produk lokal buat bikin artikel kaya gini tapi g sampai 10 steps. Salut mbak zahra bisa bikin sampai 10 stepsnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. yuk, buat list-nya! Ngebantu banget untuk yang budget-nya terbatas (aku salah satunya :D)

      Delete
  6. nah aku pengen pake viva yg tonic/astringent tp dia banyak alkoholnya...trs untk sariayu itu jg ga bgtu suka soalnya dia berwarna kalo di totol di jerawat jdnya aku lbh suka pake benzolac kadar 2.5% harganya cuma 17ribu.. Mampir ya di blogku kemaren aku juga baru bahas tentang underbudget skincare products ^^

    yozora94.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang sih, kalo kulitnya sensitif harus pinter-pinter milih produk. Untung kamu udah tahu produk yang cocok untuk kamu yaa..

      Delete
  7. Samaan aku jg pake viva. Heehe. Murce dan enak dipakenyaaa.

    Elisabethgultom.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  8. Penasaran sm sunprotectin emina.. banyak review bilang bagus.. mampir k blog saya jg ya sisuperrempong.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus kok, nggak lengket. Coba aja deh.

      Delete
    2. Dimane belinya emina sun protection

      Delete
  9. eyecream mazaya cuma 25 ribu ??? peen cobaa ahhh... hihihihi

    ricafairikha.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. Thanks banget buat sharing-nya, Zahra. Jadi ada referensi skincare murmer namun berkualitas.

    ReplyDelete
  11. Ternyata kalau mau ada ya 10 steps skincare yang murah. Aku mau coba eye cream Mazaya ahhh

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  12. suncreen emina benar-benar gak bikin berminyak di wajah kak, soalnya aku pake merk lain dan itu bikin muka berminyak meskipun terasa lembut.. hmm

    ReplyDelete
  13. akhirnya ada step korean skincare yang sesuai budget anak kuliahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya nih, karena aku sendiri juga masih kuliah :D

      Delete
  14. Replies
    1. Aku beli di Tokopedia cari yang termurah hehe

      Delete
  15. Kalo udah pake itu semua BB cream masih perlu ga?
    Soalnya aku oake bb cream wardah yang langsung jadi putihan sebgai alas bedak. Hoho

    ReplyDelete
  16. Kerenn. Ditunggu postingan berikutnya ya kaakk

    ReplyDelete