4 Tahap Membersihkan Make-Up (Quadruple Cleansing?)

by - 8:32:00 AM


Halo, semuanya! Nggak kerasa ya, sebentar lagi tahun 2016 akan berakhir. Sediih... karena aku jadi makin tua :( Semakin tua berarti wajah bakal memperlihatkan tanda-tanda penuaan seperti keriput, flek-flek hitam. Semoga kita semua terhindar dari tanda-tanda penuaan tersebut ya. Aamiin...

Selain menggunakan sunscreen secara rutin, untuk memperlambat penuaan dini adalah dengan cara membersihkan wajah dengan benar. Aku sendiri juga baru tahu beberapa bulan belakangan ini kalau membersihkan wajah tuh, sebenarnya mesti dua kali atau yang lebih sering disebut dengan double cleansing. Lalu, ada juga beberapa orang yang menambah tahapannya menjadi tiga, yaitu triple cleansing. Nah, kalau empat kali? Yuk, cek quadruple cleansing routine aku! Psst... ada rekomendasi produk-produknya juga, lho!

Kalau kita menggunakan make-up setiap hari, menurut aku empat tahap pembersihan ini wajib, sih. Apalagi kalau make-up nya mulai dari foundation/BB Cream, sampai mascara dan liquid matte lipstick gitu. Jadi, cara-cara di bawah ini urutannya sesuai dengan apa yang aku lakukan setiap hari. Let's check 'em out!

4. Eye and Lip Make-Up Remover
Area mata itu sangat sensitif. Kalau bisa, gunakanlah eye and lip make-up remover yang tidak mengandung alkohol atau fragrance (wewangian) karena dapat membuat area mata terasa perih. Biasanya, eye and lip make-up remover ini berbahan dasar minyak (oil based). Minyak memang memudahkan untuk menghapus make-up yang waterproof seperti eyeliner, mascara, dan liquid matte lipstick. Eye and lip make-up remover biasanya terdapat seperti dua lapisan, minyak dan air. Jadi, sebelum dituang ke kapas, dikocok dulu agar kedua cairannya tercampur dan make-up lebih mudah dihapus.
Rekomendasi produk: Pixy Eye and Lip Make-Up Remover (20.000, 60 ml), SilkyGirl Gentle Eye and Lip Make-Up Remover (25.000, 55 ml), Wardah EyeExpert Eye Makeup Remover (28.000, 50 ml)

3. Milk Cleanser
Untuk bagian wajah, gunakanlah milk cleanser agar base make-up yang kita gunakan mudah luruh. Beberapa orang lebih memilih oil cleanser dibanding milk cleanser, tapi aku lebih suka milk karena tidak membuat wajah terasa berminyak. Cara menggunakannya adalah tuang milk cleanser-nya di telapak tangan, kemudian usap-usap di wajah seperti menggunakan facial foam. Setelah itu baru diusap menggunakan kapas.
Rekomendasi produk: Viva Milk Cleanser (5.000, 100 ml), Sariayu Pembersih (15.000, 150 ml), Wardah Lightening Milk Cleanser (25.000, 150 ml)

2. Micellar Water
Micellar water adalah pembersih wajah berbahan dasar air. Hanya menggunakan micellar water tanpa menggunakan milk cleanser terlebih dahulu sebenarnya boleh-boleh aja, tapi aku merasa kurang bersih kalau pakai foundation/BB Cream tapi membersihkannya langsung dengan micellar water. Kalau setiap hari kalian hanya menggunakan bedak tabur, boleh langsung membersihkan wajah dengan micellar water. Cara menggunakannya tuang micellar water ke kapas, kemudian usapkan ke wajah.
Rekomendasi produk: Pixy Cleansing Express (15.000, 150 ml), Nivea Makeup Clear Cleansing Water (28.000, 200 ml), Garnier Micellar Cleansing Water (30.000, 125 ml)

1. Facial Wash
Tahap terakhir membersihkan wajah adalah menggunakan facial wash. Biasanya, aku selalu menggunakan facial foam karena lebih mudah dipakai dan banyak variannya. Menggunakan facial wash sebagai tahap terakhir itu penting, walaupun mungkin milk cleanser atau micellar water yang kalian gunakan mengklaim bahwa mereka tidak perlu dibilas lagi, tapi aku rasa kurang bersih kalau tidak dibilas lagi.
Rekomendasi produk: Pixy Facial Foam Brightening (17.000, 100 gr), Acnes Creamy Wash (22.000, 100 gr), Nivea Makeup Clear 2 in 1 Foam (30.000, 100 gr)

Nah, itulah dia empat tahap membersihkan wajah dari make-up versi Zahra Salsa atau versi bahasa Inggrisnya quadruple cleansing routine beserta rekomendasi produk-produk yang harganya super duper murah. Setiap minggunya, empat tahap di atas ditambah menjadi enam tahap, yaitu memakai face scrub dan masker. 

Oh iya, foto-foto yang dicantumkan di atas itu foto-foto produk yang setiap harinya aku pakai. Aku pakai produk-produk tersebut karena harganya super duper murah (jiwa mahasiswa), tapi kualitasnya bagus. Di aku alhamdulillah cocok dan terasa membersihkannya. Jadi, postingan ini bisa dibilang sekalian skincare routine, sih. Bedanya, ini skincare tahap pembersihan aja. Hehe... Oh iya, ini hampir semua produknya pakai Pixy bukan disponsor ya. Aku emang pakai Pixy karena murah-murah banget hahaha...

Oke, segini aja dulu postinganku hari ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan selanjutnya ^^

You May Also Like

9 komentar

  1. waahh aku jg gini nih kalau bersihin muka :D

    Ray,
    www.rayditaa.com

    ReplyDelete
  2. woooow TOP banget.. 4 membersihkan wajah.. kamu rajin banget mba :)
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..abis ngerasa kurang bersih kalau cuma double cleansing

      Delete
  3. woalah ini toh 4 kali pembersihan itu. Kalo di gw micellar water udah topjer hapus makeup wajah tanpa milk cleanser. jadi kalo di itung-itung gw 3 doangan dong yah, AHaha

    nice sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Kak. Entah kenapa aku sih kurang begitu yakin ama micellar water :'D

      Delete
  4. Aku step nya juga begini biar enak bersihnya XD

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  5. 4 tahap itu memang penting banget ya untuk membersihkan wajah..

    ReplyDelete