Review: Sariayu Tinted Moisturizer 01 Light

by - 9:13:00 PM


Hai, semuanya! Untuk beberapa hari ke depan, postingan di blog aku kayaknya akan penuh sama produk-produk makeup-nya Sariayu karena setelah diajak nonton Opening Ceremony Asian Games 2018 beberapa waktu yang lalu, aku juga dikirimin hampers dong. Baik banget Sariayu sumpah!


Produk makeup pertama yang akan aku review adalah Sariayu Tinted Moisturizer yang shade 01 Light. Jujur, aku emang udah penasaran dari lama sama produk yang satu ini karena setau aku brand makeup lokal lain paling ya mengeluarkan BB Cream, CC Cream, DD Cream, atau Cushion. Belum ada yang punya Tinted Moisturizer selain Sariayu.

Mungkin kalian masih banyak yang bingung dengan perbedaan di antara para produk makeup untuk wajah ini. Sepengetahuanku, BB Cream merupakan singkatan dari Beauty Balm dan teksturnya kental atau lebih cair dari foundation yang lebih thick, sedangkan CC Cream merupakan singkatan dari Color Correcting yang berfungsi untuk menyamarkan kemerahan di wajah. Ada beberapa CC Cream yang tidak berwarna, melainkan hanya untuk meratakan warna kulit tapi ada juga yang berwarna. Kalau DD Cream merupakan singkatan dari Daily Defense yang mana mengandung lebih banyak skincare sehingga dapat menyamarkan kerutan dan garis halus di wajah. 

Nah, kalau tinted moisturizer pengertian secara harfiahnya sih pelembap yang ada warnanya. Jadi memang ketika digunakan rasanya ringan kayak pakai pelembap aja tapi karena ada warnanya menurutku kategorinya tetep ke makeup ya. CMIIW.


Walaupun Sariayu salah satu brand kosmetik lokal yang sudah ada sejak lama (bahkan sebelum aku kenal makeup), tapi packaging yang sekarang tuh nggak jadul sama sekali. Keren banget karena mengikuti perkembangan zaman tapi nggak meninggalkan nuansa lokalitas juga. Bisa dilihat di foto pertama pada postingan ini, di bagian atas box-nya terdapat motif batik lho. Sayangnya aku nggak tahu nama motif batiknya apa huhu... Sedih banget ya orang Indonesia tapi nggak banyak tau tentang Indonesia :(

Desain bagian depan packaging-nya menurutku cukup eye catching dengan dominan warna putih dan warna-warni shade yang membentuk pola bunga. Selain itu, terdapat tulisan SPF 20, klaim utama 'Moist and Natural Look', dan kandungan utama 'Gardenia Extract and Vitamin E'. Nah, di bagian belakang baru ada penjelasan lebih lengkap yang akan kutulis ulang di bawah.

Alas bedak bertekstur ringan dengan kandungan ekstrak Gardenia & Vitamin E sebagai antioksidan, moisturizer untuk menjaga kelembapan kulit dan juga SPF 20 yang melindungi kulit dan pengaruh buruk paparan sinar UV. Memberikan warna kulit lebih merata dan tampak alami.

Cara pakai:
Oleskan secara merata pada wajah dan leher. Setelahnya gunakan Sariayu Two Way Cake untuk hasil akhir yang lebih sempurna.

Perhatian:
Hentikan pemakaian jika terjadi alergi atau iritasi. Hindarkan dari paparan sinar matahari langsung.


Sariayu Tinted Moisturizer ini datang di dalam tube yang cara mengeluarkannya tinggal di-squeeze karena nggak ada pump-nya. Tapi it's still okay karena selama nggak bleber sendiri dan masih bisa dikontrol amount yang dikeluarkan ya nggak papa. Malah, kayaknya kalau produk lokal dengan pump jadi susah keluar karena nggak ada semacam 'sedotan' panjang di dalamnya seperti Mazaya CC Cream dan Purbasari BB Cream.



Sebetulnya ketika hampers datang dan aku lihat shade yang aku dapat 01 Light, aku rada sedih karena aku tahu kulit mukaku tuh termasuk medium dengan yellow undertone dan mayoritas shade light produk lokal pasti putih banget atau pink undertone. Bener aja, ketika dikeluarkan warnanya rada ber-undertone pink tapi lucunya ketika udah bener-bener rata di kulit wajah malah sesuai banget dong sama warna kulitku dan berubah jadi yellow undertone! Sumpah aku suka banget! Baru pertama kali aku nemu produk lokal yang kayak gini. Atau mungkin ini ada hubungannya dengan nama tinted moisturizer jadi mengikuti warna asli kulit kali ya...

Teksturnya sendiri in the middle between cair dan kental. Dia nggak runny tapi nggak thick juga, jadi gampang di-blend dan memiliki aroma lembut yang enak dicium. Aromanya nggak jadul atau nggak bikin enek. Kalau aku merasa aromanya kayak bedak bayi. Tapi ketika produknya sudah merata di wajah aromanya nggak akan kecium lagi.

Finish-nya sesuai dengan klaim yakni moist dan natural tapi bukan yang dewy banget. Padahal aku sih berharapnya dia super dewy karena emang lagi pengen punya produk complexion yang dewy. Kalau nggak di-set dengan two way cake-nya, ketahanannya paling cuma 4 jam terus hilangnya tuh memudar gitu bukan bolong-bolong kayak di hidung hilang tapi di pipi masih ada. Jadi menurutku bagus banget sih. Sedangkan, kalau di-set dengan two way cake-nya, ketahanannya bisa dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam tanpa kena air sama sekali. Kalau dipakai wudhu, baru deh agak-agak luntur gitu dan hasilnya nggak sebagus pas pemakaian awal.

Overall, aku suka banget sih sama Sariayu Tinted Moisturizer ini. Walaupun aku dikasih produk ini langsung dari Sariayu, tapi ini bener-bener honest review karena mereka nggak mewajibkan aku me-review hehehe... By the way, mereka memiliki 3 shade yakni 01 Light, 02 Medium, dan 03 Dark. Kalau kalian mau coba produk ini, bisa didapatkan dengan harga sekitar 47.000-50.000 di online shop. Sedangkan harga di counter atau official shop-nya 63.800. Jadi, kalau kalian termasuk yang suka menekan pengeluaran kayak aku, lebih baik beli di online shop aja hahaha...

Oke deh, segini aja dulu review-ku kali ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan selanjutnya! Bye ^^

You May Also Like

4 komentar

  1. Aku juga sempet pengen beli ini, tapi nunggu habisin DD Cream Wardah dulu. SUka sama pilihan warnanya yang indonesia banget itu.

    pretty-moody.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk cobain Kak. Iya nih alhamdulillah warnanya pas di aku hehe...

      Delete
  2. Sounds like a nice product. Love this :)


    Please check out my latest post, too? I'd love to hear something from you! :)
    www.cielofernando.com
    FACEBOOK | INSTAGRAM

    ReplyDelete