Review: Raiku Beauty Brightening Series

by - 8:06:00 PM


Hai, semuanya! Seneng banget deh beberapa waktu belakangan ini beauty brand lokal makin menjamur lagi dan kualitasnya pun nggak kalah dengan brand luar. Makanya aku lagi mengurangi untuk pakai produk luar sebagai salah satu bentuk kecintaanku pada negara ini #hasek. Nah, sekitar seminggu yang lalu aku nyobain skincare dari salah satu brand lokal baru yaitu Raiku. Ada yang udah pernah denger belum? Kesan pertamaku saat melihat packaging-nya sih super duper unyu tapi elegan juga at the same time karena desainnya watercolor gitu.

Yang aku suka dari Raiku ini selain packaging-nya, campaign-nya mengusung 'All About Simple Beauty' dan semua model yang terpampang di Instagram-nya tidak menggunakan makeup dan filter, lho! Keren banget ya... Jadi mau bagaimanapun bentuk wajah dan jenis wajah kita, kita harus tetap pede. Jangan terpaku pada standar kecantikan yang selama ini ditampilkan di media yang punya kulit putih bersih dan wajah tirus. Kulit sawo matang atau pipi chubby juga cantik kok, yang penting kita pede dan merawatnya dengan menggunakan skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit kita.

Raiku memiliki tiga line skincare yakni Cleansing Series, Brightening Series dan Anti Aging Series. Aku udah mencoba yang Cleansing dan Brightening karena fokus aku lebih untuk mencerahkan dan menyamarkan noda-noda bekas jerawat di wajah. Kenapa aku tertarik mencoba Raiku? Karena kandungan utama dari masing-masing line-nya tertulis jelas di bagian depan packaging-nya.


Cleansing Series memiliki kandungan aktif Rice Extract, Vitamin E, dan Chamomile Extract. Sedangkan Brightening Series memiliki kandungan aktif Niacinamide, Rice Extract, AHA (Alpha Hydroxy Acid), dan Safflower. Mungkin kalau Rice Extract, Niacinamide, dan AHA udah banyak yang tahu ya bahwa kegunaannya bisa untuk mencerahkan, meratakan warna kulit, dan melembapkan. Tapi Safflower itu apa? Aku jujur baru dengar dari Raiku, lho! 

Ini yang namanya Safflower

Ternyata, minyak Safflower mengandung asam linoleat yang membantu mengunci kelembapan wajah serta membuat wajah terlihat lebih bercahaya. Jadi memang bagus untuk kulit. Selain itu, semua skincare-nya Raiku tidak mengandung paraben dan sudah ada logo halal-nya dari MUI. Bagi kalian yang lagi cari-cari skincare halal, Raiku bisa dijadikan pilihan yang tepat nih. Nah, sekarang langsung kita bahas satu per satu produknya aja, yuk!

 1. Raiku Cleansing Cream
Krim pembersih yang dapat membantu membersihkan wajah dari sisa kotoran, minyak dan makeup dengan lembut. Mengandung Chamomile Extract dan Vitamin E yang dapat membantu menjaga kelembapan dan membuat kulit tampak lebih cerah.

Cara pakai: Oleskan secara merata pada wajah, lalu hapus menggunakan kapas. Gunakan sebelum menggunakan Raiku Cleansing Foam. Efektif untuk menghapus makeup.

Ingredients: Aqua, Mineral Oil (Paraffinum Liquldum), Cetearyl Alcohol, Dimethicone, Ricinus Communis Seed Oil, Phenoxyethanol, Imidazolidinyl Urea, Cetearyl Glucoside, PEG-20 Stearate, Caprylic/Capric Triglyceride, Allantoin, Triethanolamine, Chamomilia Recutita Extract, Disodium EDTA, Tocopheryl Acetate, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Cross Polymer, BHT, Benzotriazolyl Dodecyl p-Cresol, Glucose.


Aroma dari seluruh rangkaian skincare Raiku menurutku mirip-mirip. Ada wangi bunganya tapi nggak terlalu menyengat. Jadi lembut dan calming gitu.

Tekstur Raiku Cleansing Cream seperti lotion tapi nggak thick gitu, jadi untuk menghapus makeup enak banget sih. Seluruh makeup di muka bisa meluruh gitu termasuk waterproof makeup contohnya eyeliner dan matte lip cream. Di mata juga nggak perih sama sekali. Jujur awalnya aku rada takut karena mataku mudah iritasi untuk beberapa makeup remover, tapi aku super suka sama Raiku Cleansing Cream karena nggak ada rasa-rasa perih atau bikin mata jadi merah. 

Selain itu, daya membersihkan makeup-nya juga oke banget lho! Karena waktu pertama kali aku pakai, aku coba ngecek pakai micellar water lagi dan ternyata di kapas nggak ada makeup yang masih menempel. Salut banget!

2. Raiku Cleansing Foam
Pembersih wajah yang membersihkan wajah dengan lembut secara menyeluruh. Mengandung Rice Extract yang dapat membantu membuat kulit tampak lebih cerah dan menjaga kelembapan kulit.

Cara pakai: Gunakan pada pagi dan malam hari, setelah menggunakan Raiku Cleansing Cream.

Ingredients: Glycerin, Aqua, Stearic Acid, Sodium Laureth Sulfate, Propylene Glycol, Cocamidopropyl Betaine, Myristic Acid, Potassium Hydroxide, Sodium Cocoyl Alaninate, Cocamide DEA, Acrylates Copolymer, Sodium PCA, DMDM Hydantoin, Oryza Sativa Bran, Inositol, Sodium Lactate, Disodium EDTA, Fragrance.


Aku merasa sedikit kesulitan ketika membuka segel alumunium di bagian mulut tube Raiku Cleansing Foam. Untungnya yang lain gampang banget bukanya, cuma Cleansing Foam-nya aja yang susah.

Teksturnya seperti foam pada umumnya tapi in the middle, nggak terlalu thick dan nggak runny juga. Aku suka sih, karena berasa seger setiap selesai cuci muka pakai ini. Dan, nggak ada efek kulit kering atau seperti ketarik gitu, lho!

3. Raiku Brightening Toner
Toner yang dapat mengangkat sisa kotoran dan makeup dengan mudah. Mengandung Niacinamide dan Rice Extract yang dapat membantu meratakan warna kulit dan membuat warna kulit tampak lebih cerah. Safflower dapat membuat kulit tampak lebih bercahaya, dan AHA akan membantu mengangkat sel kulit mati dan melembutkan tekstur kulit.

Cara pakai: Tuang toner pada kapas dan oleskan secara merata pada pagi dan malam hari setelah pemakaian Raiku Cleansing Foam.

Peringatan: Toner ini mengandung bahan aktif AHA. Gunakan selalu pelembap yang mengandung SPF pada siang hari.

Ingredients: Aqua, Butylene Glycol, Methylpropanediol, Glycerin, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Phenoxyethanol, Niacinamide, Inositol, Imidazolidinyl Urea, Propylene Glycol, Allantoin, Panthenol, Menthyl Safflowerseedate, Disodium EDTA, Sodium Lactate, Triethanolamine, Oryza Sativa Bran, Glycyrrhiza Glabra Root Extract, Chamomilia Recutita Extract, Tocopheryl Acetate, Tromethamine.


Toner-nya memiliki tekstur yang cair dan transparan seperti toner pada umumnya. Aromanya pun masih mirip-mirip dengan kedua produk sebelumnya. Walaupun di packaging-nya tertulis disarankan menggunakan toner dengan kapas, tapi aku lebih suka mengaplikasikan toner langsung dengan tangan. Biar lebih berasa menyerap aja gitu. Nah, biasanya aku suka skip toner kalau buru-buru karena toner agak lama menyerap ke kulit. Tapiii... aku baru ketemu sama toner yang sedetik langsung menyerap! Ya si Raiku Brightening Toner ini. Super duper love deh!

4. Raiku Brightening Serum
Mengandung Niacinamide dan Rice Extract yang dapat membantu meratakan warna kulit dan membuat warna kulit tampak lebih cerah. Safflower dapat membuat kulit tampak lebih bercahaya, dan AHA akan membantu mengangkat sel kulit mati dan melembutkan tekstur kulit.

Cara pakai: Oleskan secara merata pada pagi dan malam hari setelah pemakaian Raiku Brightening Toner.

Peringatan: Serum ini mengandung bahan aktif AHA. Gunakan selalu pelembap yang mengandung SPF pada siang hari.

Ingredients: Aqua, Niacinamide, Glycerin, Butylene Glycol, Cyclopentasiloxane, Inositol, Cyclohexasiloxane, Phenoxyethanol, Allantoin, Oryza Sativa Bran, Sodium Polyacrylloyldimethyl Taurate, Imidazolidinyl Urea, Propylene Glycol, Menthyl Safflowerseedate, Triethanolamine, Hydrogenated Polydecene, Sodium Lactate, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Panthenol, Dimethicone Crosspolymer, Glycyrrhiza Giabra Root Extract, Chamomilia Recutita Extract, Tromethamine, Dimethiconol, Cyclotetrasiloxane.


Saat pertama kali melihat packaging Raiku Brightening Serum, aku excited banget karena dia pakai pipet gitu. Selain itu, cuma serum yang datang dengan box pelapis lagi. Mungkin karena serum itu kandungannya yang paling kompleks jadi memang bener-bener mesti terlindungi banget.

Teksturnya sendiri nggak terlalu cair dan nggak terlalu runny, agak kental tapi sama seperti toner-nya cepet banget menyerap ke kulit. Berasa banget kulit jadi lembut dan kenyal setelah pakai Raiku Brightening Serum.

5. Raiku Brightening Morning Cream
Mengandung Niacinamide dan Rice Extract yang dapat membantu meratakan warna kulit dan membuat warna kulit tampak lebih cerah. Safflower dapat membuat kulit tampak lebih bercahaya, dan AHA akan membantu mengangkat sel kulit mati dan melembutkan tekstur kulit.

Cara pakai: Oleskan secara merata pada pagi hari setelah pemakaian Raiku Brightening Serum.

Ingredients: Aqua, Butylene Glycol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Glycerin, Acrylates Copolymer, Cyclopentasiloxane, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Niacinamide, C12-15 Alkyl Benzzoate, Silica, Sodium Polyacrylloyldimethyl Taurate, Inositol, Cyclohexasiloxane, Titanium Dioxide, Hydrogenated Polydecene, Phenoxyethanol, Caprylic/Capric, Triglyceride, Oryza Sativa Bran, Allantoin, Imidaxolidnyl Urea, Triethanolamine, Chamomilia Recutita Extract, Sodium Lactate, Dimethicone Crosspolymer, Trideceth-10, Menthyl Safflowerseedate, Disodium EDTA, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Fragrance, Dimethiconol, Cyclotetrasiloxane.


Moisturizer untuk pagi hari biasanya kan namanya 'Day Cream', cuma Raiku yang namanya 'Morning Cream'. Ini unik banget sih menurutku. Raiku Brightening Morning Cream sudah memiliki SPF 15, tapi sayang masih belum cukup untuk perlindungan aktivitas outdoor. Kalau indoor sih cukup ya. Jadi aku berharap ke depannya Raiku mengeluarkan produk sunscreen minimal SPF 30. Semoga harapanku terkabul. Hahaha...

Tekstur Raiku Brightening Morning Cream paling thick di antara yang lain. Tapi di-blend-nya masih gampang sih. Dan biasanya kalau moisturizer bertekstur thick kan suka meninggalkan residu-residu putih, apalagi kalau berkeringat. Untungnya yang satu ini nggak begitu. Rasanya setelah menggunakan Morning Cream agak tacky tapi nggak sticky, yang mana bagus untuk ngunci makeup juga.

Aku ngelampirin video tutorial makeup wisuda aku yang udah terbukti tahan 10 jam nih. Karena menurutku, Raiku Brightening Morning Cream cukup berpengaruh dalam nge-lock makeup itu.


6. Raiku Brightening Night Cream
Mengandung Niacinamide dan Rice Extract yang dapat membantu meratakan warna kulit dan membuat warna kulit tampak lebih cerah. Safflower dapat membuat kulit tampak lebih bercahaya, dan AHA akan membantu mengangkat sel kulit mati dan melembutkan tekstur kulit.

Cara pakai: Oleskan secara merata pada malam hari setelah pemakaian Raiku Brightening Serum.

Peringatan: Krim ini mengandung bahan aktif AHA. Gunakan selalu pelembap yang mengandung SPF pada siang hari.

Ingredients: Aqua, Butylene Glycol, Cyclopentasiloxane, Glycerin, Niacinamide, Acrylates Copolymer, Cyclohexasiloxane, Sodium Polyacrylloyldimethyl Taurate, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Inositol, Oryza Sativa Bran, Caprylic/Capric Triglyceride, Hydrogenated Polydecene, Phenoxyethanol, Allantoin, Zinc Oxide, Imidaxolidnyl Urea, Menthyl Safflowerseedate, Triethanolamine, Chmaomilia Recutita Extract, Dimethicone Crosspolymer, Trideceth-10, Sodium Lactate, Disodium EDTA, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Cyclotetrasiloxane, Dimeticonol.


Nah, kalau tekstur Raiku Brightening Night Cream-nya lebih creamy dibanding Morning Cream. Nggak meninggalkan kesan greasy atau over hydrating seperti night cream pada umumnya. Makanya aku suka banget dan aku kadang pakainya dalam jumlah banyak karena melembutkan wajah banget.

Setelah menggunakan rangkaian skincare Raiku Brightening Series, kelihatan banget kalau kulitku lebih cerah, bisa menyamarkan noda bekas jerawat yang menghitam, dan somehow bikin kulit terlihat glowing juga. Pasti ini karena kandungan-kandungan aktifnya karena ternyata masing-masing memiliki manfaat yang memang bagus untuk kulit.

Niacinamide: Jenis Vitamin B yang dapat membantu melembapkan wajah sehingga dapat menyamarkan noda dan keriput. Zat ini juga dapat membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit.

Rice Extract: Mengandung antioksidan alami, ekstrak beras meminimalisir kerusakan karena radikal bebas dari lingkungan atau cahaya matahari. Kandungan ini juga membantu membuat kulit tampak cerah dan lebih lembap.

Safflower: Minyak Safflower mengandung asam linoleat yang membantu mengunci kelembapan wajah serta membuat wajah terlihat lebih bercahaya.

AHA: Senyawa asam yang berperan sebagai eksfoliator yang baik untuk membuat wajah menjadi lebih cerah serta mengatasi masalah pigmentasi.


Seperti yang udah aku jelaskan di awal bahwa campaign Raiku ini oke banget karena bisa bikin semua perempuan lebih percaya diri bagaimanapun bentuk dan jenis wajahnya, jadi aku tuh selalu seneng setiap ngeliat update-an Raiku di semua social media-nya. Kalau kalian penasaran juga, langsung aja klik like Facebook Raiku, follow Instagram Raiku, dan subscribe Youtube Channel Raiku ya, gengs.

Oke deh, aku rasa segini aja dulu review-ku kali ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan selanjutnya. Bye ^^

You May Also Like

4 komentar

  1. lucu banget kemasannya, brand lokal punya lagi. Kayanya aku kepincut sama serum dan night creamnya.

    http://unextraordinarybeauty.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Kelihatan kulitnya jadi lebih sehat mbak :) BTW baru tahu brand ini, namanya unik!

    ReplyDelete
  3. Hmm sayangnya cleansing foamnya masih ada sls jadi mungkin aku skip dan beli toner sama serum aja

    ReplyDelete
  4. kelihatan lebih cerah ya kk no make up setelah pakai rangkaian skin care raiku

    ReplyDelete