Review: Maybelline Fit Me Matte + Poreless Foundation 230 Natural Buff

by - 9:23:00 AM


Yippieee.... Akhirnya aku beli foundation baru karena foundation-ku yang lama (baca di sini) sudah memasuki masa tenggatnya. Kalau dipikir-pikir, semua foundation-ku ternyata Maybelline yaa... Haha... Padahal awalnya aku tergoda banget untuk beli LA Girl Pro HD Illuminating Foundation itu, tapi akhirnya lebih tergoda ke Maybelline Fit Me Matte + Poreless terlebih dulu.

Btw, sebenernya kulitku oily sih, tapi di hidung aja. Di hidung tuh yang bener-bener oily banget, 2-3 jam pun udah keluar minyaknya. Tapi bagian dahi, pipi, dan dagu nggak oily banget. Malah pipi alhamdulillah normal banget, nggak oily dan nggak kering juga. Jadi, kadang aku suka tergoda sama foundation yang finish-nya dewy. Pas mau beli foundation ini juga aku bingung mau beli yang matte atau dewy, tapi akhirnya ya udahlah coba yang matte dulu. Soalnya banyak yang bilang lebih bagus yang matte.


Shade yang aku pilih adalah nomor 230 Natural Buff. Pas di-apply ke muka, sesuai sih dengan warna kulitku. Tapi memang seperti yang banyak orang lain bilang kalau Fit Me ini oksidasi, jadi lama kelamaan menggelap di kulitku. But, itu bukan masalah besar bagi aku. Malah aku lebih milih foundation kegelapan dibanding keterangan. I don't know, maybe it's just me..


Oke, langsung aja kita bahas mulai dari packaging-nya ya. Maybelline Fit Me ini datang dengan packaging kaca yang berbentuk persegi panjang transparan namun dengan tutup berwarna hitam. Kalau dilihat dari tampilan luar, sleek banget sih packaging Maybelline Fit Me ini dan aku suka. Di bagian depan terdapat tulisan Maybelline Fit Me Matte + Poreless Normal to Oily, di bagian belakang terdapat nomor shade dan beberapa klaim dari foundation ini. Walaupun aku suka dengan packaging-nya, sayang masih banyak banget kekurangan dari packaging Maybelline Fit Me ini.


Pertama, seperti yang bisa dilihat di foto di atas dan menjadi hal yang paling sering dibahas oleh para beauty junkie yang lain adalah mulut botolnya yang menganga lebar tanpa pump, jadi mesti hati-hati banget kalau mengeluarkan foundation-nya. Mesti bener-bener ditakar, deh! Kedua, (mungkin ini agak kurang diperhatikan bagi beberapa orang namun hal ini penting juga, lho!) nggak ada daftar ingredients-nya. Jadi kita nggak tahu apa aja kandungan Fit Me ini. Dan yang terakhir, (ini mungkin di aku doang atau yang lain juga?) tutupnya agak susah untuk dikembalikan seperti posisi semula (?) hahaha... maksudnya, kan bagian depan tutupnya yang ada tulisan Maybelline Fit Me itu, nah kadang kalau setelah dibuka terus ditutup lagi, posisi tulisan itu malah jadi di belakang. Mesti diputer dengan agak keras dulu sampai bunyi 'krek', baru bisa balik ke posisi depan.


Untuk tekstur, aku merasa Fit Me ini nggak thick, jadi gampang di-blend dan pas dipakai di muka terasa ringan. Walaupun ringan tapi lumayan bisa nge-cover. Daya cover-nya bisa banget ditambah, karena Fit Me ini buildable, jadi nggak cakey walaupun dipakai sampai dua layer. (Well, aku cuma baru nyobain pakai dua layer sih, belum lebih dari itu). 



Untuk shade, kenapa aku pilih nomor 230 Natural Buff, bukan 220 Natural Beige seperti kebanyakan orang Indonesia yang lain? Karena aku beli di Lazada kemarin pas ultahnya, terus harga foundation ini cuma 101.500 sedangkan yang Natural Beige 108.500 hahahaha... Padahal cuma beda 7 ribu yaa... Namanya juga mahasiswa, banyak pengeluaran lain dan belum punya pendapatan sendiri hahahaha *curhat*

Di foto di atas mungkin nggak terlalu kelihatan kalau foundation ini kegelapan, tapi aslinya yaa lumayan kelihatan lah. Jadi, untuk kulit orang Indonesia yang sawo matang, aku merekomendasikan shade ini. Di foto full makeup itu aku pakai bedak yang warnanya agak terang sedikit dan lipstik yang bikin mukaku terlihat cerah. Makanya kelihatannya fresh-fresh aja, padahal mah........


Lalu, gimana sih performa Maybelline Fit Me Matte + Poreless ini? Apakah benar-benar bikin muka terlihat matte sepanjang hari? Pas banget nih, kemarin aku seharian pakai foundation ini. Apply jam 6.46, baru pulang jam 20.30. Hasil pertama kali apply adalah, bener sih kulitku terlihat mulus dan halus gitu (untungnya aku memang nggak punya banyak noda di wajah, tapi pori-poriku gede banget!), pori-pori lumayan ketutup, nggak cakey, dan matte tapi nggak yang bikin kering banget gitu.

Jam 11.30 foundation-nya masih tahan banget, hidungku yang super duper oily nggak berminyak sama sekali padahal aku abis naik kereta, terus naik motor ke Central Park, lari-larian cepet-cepetan sama cewek-cewek lain untuk ngantre di acara Innisfree kemarin hahaha *curhat*


Nah, sorenya sekitar jam 15.00 an, nge-garis deh di smile lines. Itu biasa sih bagi aku, mau BB Cream, foundation apapun pasti nge-garis gitu di smile lines sama garis kelopak mata. Dan bagian hidung sudah mulai oily. (Sayang nggak ada fotonya)

Terakhir, pas sampe rumah jam 20.30 emang udah berminyak banget karena efek naik motor dari UNJ ke Tangerang di rush hour yang mana macet banget kan di Hasyim Ashari-Roxy, Grogol-Jembatan panjang Pesing, Rawa Buaya-Kalideres wkwkwk bayangin deh tuh! Udahlah mukanya jadi kucel dan minyak semua isinya, jadi nggak perlu lah yaa difoto.

Overall, aku emang suka sama Fit Me ini karena bikin muka aku matte tapi nggak bikin kering, lumayan bisa nutup pori-pori, dan daya tahannya oke juga lho! Btw, aku nggak pernah pakai primer (nggak punya juga wkwk) jadi foundation ini aku pakai seharian tanpa primer dan nggak aku touch up bedak sama sekali ya. 

Oke, semoga review-ku kali ini bermanfaat. Sampai jumpa di postingan selanjutnya! Bye ^^

You May Also Like

15 komentar

  1. Tapi gak ada pump nya, aku takut masalah itu :(

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti hati-hati banget, Kak hahaha...

      Delete
  2. Aku mau beli juga tapi oksidasinya itu bikin aku galau aku kudu pake shades apa haha

    ranilukman.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oksidasinya nggak yang parah banget bikin muka kusam, sih.
      Saran aku, kalau kuning langsat 220, kalau sawo matang 230 ini aja

      Delete
    2. Kalau yg kulit gelap sesuai ngak pake kuning langsat.

      Delete
    3. Kulit gelap pakai nomor 230 ajaaa

      Delete
  3. Aku mau ini kaaan, tp masih maju mundur karena kemasannya ahahaha

    www.indiranyan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu! Semoga ke depannya packaging-nya diubah jadi ada pump-nya.

      Delete
  4. Performanya bagus overall yaaa. Terbukti banyak yg review dan pada suka. Minusnya cuma kemasan dan dia oksidasi.


    www.reistilldoll.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap, bener banget! Tapi oksidasinya nggak yang parah banget kok.

      Delete
  5. Aku juga kalau pilih foundie kadang yang agak gelap, soalnya muka aku emg lebih putih dr leher, hehhe.
    Suka banget sama fit me sayanyanya gak ada pumpnya. :(

    www.ciapuccino.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, semoga dia bakalan ngeluarin packaging baru dengan pump

      Delete
  6. Bener banget, pas pertama kali aku purchase ini agk kesel juga gak ada pump. Tapi kalau dipikir-pikir, mungkin kalau dipakai pump harganya bakal nambah (jadi gpp deh XD)

    aku pas pertama kali purchase yang shade 220 Natural Beige. Pas aku pakai di counternya, kan ada kaca tuh, hasilnya bagus banget. Warnanya pas bikin kulit aku cerah. Tapi setelah pakai beberapa minggu aku mulai risih. Secara aku lbih suka make up an yang natural, blend sma kulit seluruh tubuh, tidak hanya di wajah dan leher dan kebetulan sekali (aduh sedih deh) aku sering dapet tugas keluar, jadi hanya selang waktu beberapa minggu kulit aku tambah gelap (macam sunburn) sip deh, akhirnya aku repurchase lagi dengan shade yang lebih gelap. 228 Soft Tan

    awalnya ragu, turun 8 shade? OMG, aku kira bakal gelap, eh ternyata justru warna ini yanng paling cocok sma aku. Bahkan, walaupun aku pakai 2 layer pun warnanya manyatu dengan kulit seluruh tubuh aku
    XD XD memang susah ya memilih shade foundation, apalagi untuk pemula

    nadithaa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  7. Wah bermanfaat sekali reviewnya 🤗🤗

    ReplyDelete