Menjadi Seorang ISTJ

by - 8:40:00 PM


Halo, apa kalian tahu mengenai kepribadian MBTI? MBTI sendiri adalah singkatan dari Myers-Briggs Type Indicator dan menurut teori tersebut ada 16 jenis kepribadian yang dimiliki orang-orang di dunia ini, yaitu ISTJ, ISFJ, INFJ, INTJ, ISTP, ISFP, INFP, INTP, ESTP, ESFP, ENFP, ENTP, ESTJ, ESFJ, ENFJ, dan ENTJ.

Bagi yang mau tes, klik di sini
Cuma 60 pernyataan dan tinggal klik yang mana yang 'kamu banget'

Mungkin bagi kalian yang belum pernah dengar mengenai kepribadian MBTI akan merasa bingung melihat banyaknya jalinan huruf-huruf pembentuk kepribadian tersebut *hasek bahasanya*. Sebenarnya, hanya ada 8 huruf inti pembentuk yakni:

1. Introvert (I)
2. Extrovert (E)
3. Sensing (S)
4. iNtuition (N)
(biar nggak ketuker sama Introvert kali ya, dibikin huruf N aja :D)
5. Thinking (T)
6. Feeling (F)
7. Judging (J)
8. Perceiving (P)

Untuk arti dari masing-masing kata itu nggak perlu dijelasin lagi kan, ya? Pasti pada ngerti semua dong. Kalau nggak ngerti google translate aja hahaha...


Jadi, awal mula aku tahu mengenai kepribadian MBTI ini dari Gita Savitri Devi, youtuber a.k.a selebgram and also blogger yang lagi hits karena mirip artis Korea (aku nggak suka Korea, jadi nggak tahu siapa yang dimiripin sama dia). 

Pokoknya dia nulis di bio Instagram-nya INTJ gitu. Awalnya aku kira INTJ itu semacam nama angkatan, nama sekolah, atau komunitas apa lah. Eh, pas lagi kepoin Ask.fm-nya, ada penjelasan di FAQ (kalau nggak salah) bahwa INTJ itu salah satu jenis kepribadian. 

Nah, entah kenapa aku itu termasuk orang yang suka banget ikut kuis atau tes gitu dari zaman dulu langganan majalah sampai sekarang. Entah itu kuis semacam 'Jenis Sepatu Apakah Kamu?' sampai ke yang serius macam MBTI gini.

Dan aku yang bener-bener amazed sama hasil tes MBTI aku (walaupun tes online gratisan) karena emang aku akuin itu bener-bener sifat aku semua. Makanya aku bangga menyandang status sebagai seorang ISTJ.


Mari kita kroscek kepribadianku dengan hasil tesku!

1. Introvert
Yup, aku memang introvert. Anak rumahan, kupu-kupu, suka baca buku atau denger musik sendirian, pendengar yang baik, susah diajak ngobrol, susah beradaptasi, susah bicara di depan umum (termasuk nggak suka bicara di grup a.k.a silent reader). Tapi entah kenapa aku suka banget untuk sharing segala hal di media sosial kayak Instagram dan Blog. Aku jadi kelihatan bawel banget di dua media sosial itu. Oh iya, kalau kalian ketemu sama aku di dunia nyata dan aku bisa ngobrol panjang lebar sama kalian, itu tandanya aku percaya sepenuhnya sama kalian.

2. Sensing
Sebenarnya aku pribadi kurang mengerti mengenai sensing ini. Tapi dari yang kubaca sih, orang-orang yang suka dengan hal-hal konkret (padahal aku sendiri nggak tahu konkret itu apa--dalam hal ini hahaha...). Terus ada penjelasan juga bahwa sensing ini 'hidup di masa kini', realistis, memperhatikan detail, dan mengutamakan indera. Yup, bener banget! Itu aku!

3. Thinking
Nah, kalau ini nggak perlu dijelasin lagi ya. Udah ketauan banget, artinya suka mikir. Pakai logika untuk menyelesaikan segala sesuatu, objektif, dan menginginkan kebenaran di atas segalanya *hasek*

4. Judging
Awalnya aku bingung sama judging ini. Emang aku suka nge-judge orang? Nggak sama sekali! Dan judging di sini bukan berarti suka menghakimi orang, melainkan orang yang terorganisir, terencana. Jenis orang yang nggak pernah telat, selalu mengandalkan jadwal, nggak suka ngerjain sesuatu deket deadline, nggak suka dengan perubahan, dan kalau mau pergi ke tempat baru mesti bener-bener cari di maps beberapa hari sebelum berangkat biar nggak bingung lagi nantinya. Kayaknya jenis orang yang cocok tinggal di Jepang, sih hahahaha...


Oh iya, ada fakta unik mengenai ISTJ yang baru aja aku tahu yaitu, ISTJ kalau jalan kaki selalu berpikir 'Kok orang-orang jalannya pada lama banget sih?' dan kemudian nyalip orang-orang. Inilah salah satu alasan kenapa aku pernah manjat pagar Stasiun Sudirman (yang cuma sepinggang sih, tapi lumayan juga ngangkangnya lebar). Temen-temen aku juga banyak yang males jalan bareng aku karena kayak dikejar-kejar Belanda hahaha...

Intinya, ISTJ itu poin plusnya setia, bertanggung jawab, pekerja keras, tenang, jujur, rajin, penurut, tepat waktu, dan masih banyak lagi sih sebenernya *deuh*. Tapi ada poin minusnya juga nih, yaitu kurang peka, kaku, keras kepala (ini ke keluarga doang sih, ke temen belum berani haha..), terlalu tegas (ini ke temen juga, nggak pandang bulu. Jadwalnya A ya harus A), selalu menyalahkan diri sendiri, dan tidak pede


Well, semua hal di dunia ini memang ada poin plus dan minusnya masing-masing. Aku terima-terima aja sih, karena memang bener semua. Aku juga rasanya pengen ubah poin-poin minusnya itu sih, tapi susaaaaah banget! Udah bawaan. Bahkan sekadar ubah introvert menjadi extrovert aja susah beneer!

Jadi, tipe kepribadian kalian apa? Yuk, sharing di komen!

photo sources: www.google.com

You May Also Like

14 komentar

  1. Kalo gua yang ISTP dong raa hahaha..

    ReplyDelete
  2. kalo saya ISJF xD

    suika-lovers.com

    ReplyDelete
  3. aku ISTP :D padahal dulu ikut tes ini INTF hahahah

    foreverispossible.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiii... ISTP. Btw, INTF emang ada? Haha... XD

      Delete
  4. Aku isi di 16personalities.com dan ada 100 pertanyaan ahahah ampe mabok ngisinya T_T

    www.magellanictivity.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga isi di situuu! And still.....ISTJ!

      Delete
  5. waaa thanks ya link nya. ak nyari tesnya kebanyakan bahasa inggris. seneng deh nemu yag b indonesia #malesmikirsoalnya hahaha
    nice post :D


    https://mysistermonsterdisaster.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe... terima kasih sudah berkunjung :D

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. gue INFP dong haha and proud of it :v
    btw gue ngakak pas baca dikejar-kejar belanda wkwk gue sih malah doyan :3



    www.katamisa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  8. Wah kita sama, aku termasuk ISTJ juga nih.

    ReplyDelete
  9. Halo ISTJ. Gue ISTP 🤗.
    Kalo ada waktu, mampir ke blog ya qanitana.blogspot.co.id

    ReplyDelete