Cara Mengatasi Kulit Terbakar Matahari

by - 7:28:00 PM


Halo, semuanya! Selamat memasuki musim liburan! Siapa di antara kalian yang suka menghabiskan waktu liburan ke pantai atau tempat-tempat yang mataharinya nyentrong panas? Kalau kamu salah satunya, dan kamu sedang mengalami fase dimana kulit kamu jadi gosong atau perih karena terbakar matahari, kamu berada di postingan yang tepat *hasek*. 

Di bawah ini adalah cara-cara yang sudah aku lakukan untuk mengatasi kulitku yang perih dan menggelap karena matahari pantai awal tahun lalu. Yea, I'm such the most stupid beauty blogger on that time hahaha....

1. Scrub Your Face

Panik saat pertama kali tahu kalau kulit wajahmu perih dan gosong setelah panas-panasan di pantai adalah perasaan yang pertama datang dan amat wajar. 

Lalu, aku berpikir keras gimana caranya supaya gosong ini cepat hilang. Padahal aku tahu, mengembalikan warna kulit seperti semula itu nggak bisa instan. Akhirnya aku scrub wajahku dengan harapan "scrub itu kan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, mungkin kulit yang menggelap ini bakal lebih baik kalau aku scrub"

Oh iya, aku pakainya scrub dari Pond's yang tulisannya Sun Dullness apaaa gitu hehe...

2. Gunakan Aloe Gel

Setelah itu, aku cari moisturizer yang kandungannya alami dan benar-benar terasa melembabkan agar rasa perihnya juga hilang. Akhirnya aku memutuskan untuk memakai aloe gel karena produk tersebut sudah terbukti khasiatnya dan memang rasa perihnya hilang setelah memakai aloe gel.

3. DIY Oatmeal Mask

Lalu, aku juga googling tentang cara mengatasi kulit terbakar matahari. Bahan-bahan alami yang digadang-gadang bisa mengatasinya ialah lemon, lidah buaya, madu, dan oatmeal.

Nah, karena aku sudah memakai lidah buaya sebagai moisturizer dan di rumah aku bahan yang tersedia hanya oatmeal, jadi aku buat masker sendiri dari oatmeal. Caranya bener-bener kayak buat oatmeal untuk dimakan aja, oatmeal diseduh dengan air hangat. Setelah suhu airnya berubah menjadi dingin, baru deh diusapkan ke seluruh wajah. Kalau kalian mau ditambahkan dengan madu, boleh banget!

4. Jangan Keluar Rumah 

Ini adalah cara terampuh setelah tiga cara di atas aku lakukan. Untungnya, awal tahun kemarin setelah kulitku terbakar, aku emang lagi libur. Jadi bener-bener melakukan tiga cara di atas ditambah nggak keluar rumah, alhasil kulit cepat kembali seperti semula. Cuma membutuhkan waktu sebulan aja, lho!

5. Jangan Memakai Make-Up

Tapi, kalau kalian masih masuk kuliah atau kerja, aku sarankan jangan pakai make-up dulu. Entah itu CC Cream, BB Cream, foundation, bedak padat. Cukup pakai moisturizer dan sunscreen aja. (Kalau make-up mata dan lipstick sih, boleh yaa...)

Kenapa? Karena awalnya kan aku malu ya dengan wajahku yang kayak gitu, terus aku coba tutupin dengan menggunakan foundation (Padahal cuma mau ke Indomaret doang!) dan hasilnya jelek banget! Bener-bener pecah-pecah dan nggak rata gitu, jadi kelihatan nggak nyatu sama kulit.

Oke, itulah tadi 5 cara mengatasi kulit terbakar matahari versi Zahra Salsa. Inti dari postingan ini adalah: don't ever skip sunscreen! Semoga cara-cara di atas bermanfaat dan sampai jumpa di postingan selanjutnya ^^

You May Also Like

1 komentar