UNJ, Kampus 'Seribu Masjid'

by - 2:41:00 PM

Menjadi mahasiswa memang kerap mengharuskan kita berada di kampus dalam waktu yang cukup lama karena bisa saja dalam satu hari ada beberapa mata kuliah yang diadakan dari pagi hingga sore hari. Sekian lama waktu yang dihabiskan di kampus selain untuk belajar, tentu saja ada lagi satu hal yang wajib diingat, khususnya bagi mahasiswa muslim, yaitu sholat.

Ya, terkadang mahasiswa bahkan bisa sampai melaksanakan sholat dzuhur hingga isya di kampus. Oleh karena itu, kampus harus memfasilitasi tempat ibadah yang bersih, nyaman, dan cukup luas untuk dapat menampung para mahasiswa. Tempat ibadah yang bersih dan nyaman juga dapat membuat kita lebih khusyuk untuk melaksanakan ibadah.

Untungnya, di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tak sulit untuk mencari masjid atau mushola karena di kawasan UNJ terdapat banyak sekali masjid dan mushola yang tentunya bersih dan nyaman.

Satu-satunya masjid yang terkenal seantero UNJ mungkin hanya Masjid Nurul Irfan atau yang lebih sering disebut Meni. Di masjid ini, suasana tak pernah sepi bahkan saat malam sekali pun. Hal ini mungkin disebabkan karena letaknya yang berada di tengah-tengah UNJ. Selain untuk sholat, di Meni juga sering diadakan kajian-kajian yang bermanfaat untuk lebih memperdalam ilmu mengenai agama Islam.
Masjid Nurul Irfan
Selain Meni, ternyata ada lagi masjid yang walaupun bukan milik UNJ, tapi masih berada di dekat kawasan UNJ, yakni Masjid At-Taqwa. Masjid At-Taqwa suasananya jauh lebih sepi ketimbang Meni karena mungkin letaknya kurang strategis. Hanya beberapa mahasiswa dari fakultas tertentu lah yang selalu melaksanakan ibadah di Masjid At-Taqwa karena beberapa alasan, yaitu karena gedung perkuliahannya dekat Masjid At-Taqwa dan karena suasana At-Taqwa yang lebih sepi dan tentram.

Masjid At-Taqwa
Tentunya, masih banyak lagi tempat ibadah yang terdapat di UNJ selain kedua masjid yang telah disebutkan di atas. Hampir setiap gedung memiliki mushola yang tak kalah nyaman dibanding dengan kedua masjid tersebut. Di FE, FBS, FT, FIP, dan yang paling sepi adalah mushola yang terdapat di gedung IDB II (Dewi Sartika) lantai 2.
Mushola IDB II Lantai 2
Semua masjid dan mushola yang berada di kawasan UNJ tentunya terjaga kebersihan dan kenyamanannya. Bagi para muslimah yang tidak membawa mukena pun tidak perlu bingung karena di masjid dan mushola yang telah disebutkan di atas, menyediakannya. Oleh karena itu, bagi mahasiswa muslim yang menuntut ilmu di UNJ tak perlu beralasan untuk tidak melaksanakan sholat, karena hampir di setiap sudut UNJ kita dapat menemukan tempat ibadah dengan mudah. (Zahra Salsabila)

You May Also Like

4 komentar

  1. Idb lantai 2 sih favorit. Apa lu mau ngadain tur masjid sekeliling UNJ ra? Daftar lah gue

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi agak ngeri gitu gue kalo ke sana hahaha...
      Yuk lah, udah hampir semuanya kan kita datengin?

      Delete
  2. Walau kadang Meni tempat wudhunya agak agak bau yha, tp aku ttp lebih seneng di meni karena dekat. At-Taqwa tempat paling pewe, kalo udah di sana aku gamau balik ke kampus bahahahah xD

    www.magellanictivity.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang aku ga suka dari meni adalah....rame haha (penyuka kesepian)
      Aku suka banget sama At-Taqwa tapi temen-temen aku pada males ke sana.

      Delete