E-Ticket Bus Transjakarta

by - 3:43:00 PM

Penampakan E-Money
Halo, halo! Jadi, akhir-akhir ini gue lagi in the mood banget dalam nge-blog tapi ide cerpen ataupun puisi lagi mentok. Makanya, saking ga tahannya pengen ngetik, kemaren gue cuma posting puisinya Joko Pinurbo aja. Nah, kali ini gue mau bahas tentang E-Ticket Bus Transjakarta (Caelaah anak Transjakarta nih, sekarang).

Awal gue tau tentang E-Ticket ini udah lumayan lama. Pas di Istora Senayan waktu itu ada Jakarta Book Fair 2014, gue ngajak Kakak gue kesana. Eh, kebablasan sampe Blok M! Nah, di Blok M kalo mau ke Gelora Bung Karno biar gampang naek Transjakarta, kan? Ternyata, di Blok M itu wajib bin kudu bin harus pake e-ticket bukan tiket kertas yang seharga Rp.3.500,- Maka, mau ga mau dengan amat terpaksa, beli lah e-ticket tersebut. Singkat cerita, karena gue waktu itu belom update banget masalah ke-Transjakarta-an (istilah apa pula ini?), gue buang lah e-ticket tersebut! Wkwkwk bodoh, ya?

Lanjut, sejak gue sering ke Jakarta akhir-akhir ini, pasti gue naek bus Transjakarta buat ke UNJ dari Halte Busway Harmoni Central. Sekalian aja, gue kasih tahu rute bus Transjakarta dari Harmoni ke UNJ ya disini. Siapa tahu ada yang butuh, gitu. Karena, waktu pertama kali gue dan Nyokap gue ke UNJ, kita salah naek bus!

Jadi, masuk ke Halte Busway Harmoni Central, kalian jalan sampe mentok haltenya. Kalo udah mentok, cek tulisan di atas. Kalo tulisannya PGC, silahkan antre disitu. Nah, tunggu aja tuh! Lama banget kadang, pernah sampe setengah hari jam gue nunggu. Kalo busnya udah dateng, naek deh. Hati-hati, kakinya nyeblos! (FYI aja sih, bawahnya Halte Busway Harmoni Central itu kali. Nggak lucu kan, kalo nyebur?) Pokoknya duduk aja yang manis atau berdiri aja yang kalem (gue keseringan kebagian berdiri. Nasib!). Nanti transit di Halte Busway Matraman I. Santai ajaaa... Halte Matraman masih jauh banget dari Halte Harmoni. Pokoknya liat aja terus ke sebelah kanan, kalo udah ada plang 'Perpustakaan Nasional', berarti bentar lagi udah mau turun. Nah, sampe di Halte Busway Matraman I, kalian jalan ke kanan sampe tangga untuk menuju ke Halte Busway Matraman II (pas pertama kali gue ke UNJ sendiri, gue malah jalan ke kiri. Dan tahukah kalian jalan ke kiri itu apa? Yap, jalan keluar! Alhasil, gue beli lagi tiketnya! Maklum lah, ya, anak Tangerang yang nggak pernah keluar dari Tangerang ya begini). Udah sampe di Halte Busway Matraman II, kalian belok kiri. Itulah tempat naek bus yang ke arah UNJ. Kalo udah naek busnya, tunggu aja. Nanti juga ada pemberitahuan Halte Busway UNJ.

Huft, ngasih tahu rute jalan capek juga ya.

Balik lagi ke masalah e-ticket Bus Transjakarta! Nah, pas tanggal 12 Agustus kemaren kan gue ambil jaket almamater ke UNJ, tuh! Eh, ada pemberitahuan bahwa mulai tanggal 11 Agustus, wajib memakai e-ticket! Eng ing eng... gue langsung deg degan! Takut harganya Rp.50.000,- untung gue masih punya uang THR bekas lebaran di dompet. Untungnya, pas tanggal segitu tuh masih harga promo. Harga e-ticketnya Rp.20.000,- Nah, mulai tanggal 17 Agustus kemaren baru naek jadi Rp.40.000,- (Hahaha...rasakan kalian yang baru membeli e-ticket kemarin!)

E-ticket tampak depan pas baru beli. Masih ada plastiknya.
E-ticket tampak belakang pas baru beli.
Yaudahlah, dengan muka dongkol (sebenernya gue ga bisa muka dongkol wkwk) gue beli aja tuh e-ticket. Ya mau ga mau kan, ya? Eh, pas sampe rumah gue baca-baca tuh buku panduannya. (Buku panduan HP baru aja gue baca sampe abis. Ada yang kayak gue, nggak?)

Buku Panduan
Ternyata, itu bukan sembarang e-ticket #halah itu adalah e-money. Bisa belanja di Indomaret, Solaria, Es Teler 77, bayar tol, dsb. asal saldo kalian cukup lho, ya! Nah, gue sekarang jadi cinta banget tuh sama e-money alias e-ticket. Soalnya nggak ada masa berlakunya, cooy! Alay amat gue. Pokoknya di postingan kali ini, gue mau berterima kasih sama Pemerintah atau entahlah siapa yang sudah mencanangkan e-ticket tersebut. Bener banget, e-ticket tuh bikin praktis. Terus isi saldonya ke Indomaret aja. Kan kemaren tanggal 14 Agustus gue ke UNJ lagi sama anak-anak FBS '14, gue dengan gaya sok keren tinggal menggesekkan aja tuh e-ticket ke alatnya huahahaha....

Pak, saya minta komisi untuk review bagus saya terhadap e-ticket Bus Transjakarta ini, Pak. Sekian dan terima kasih.

You May Also Like

0 komentar