Lika-Liku Berhijab

by - 1:09:00 AM


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Mulai hari ini, gue balik lagi nge-blog disini karena tampilan Wordpress yang amat sangat membingungkan sekali (oke, ini pemborosan kata). Terakhir kali nge-blog disini kayaknya tanggal 25 Desember 2013 gitu, deh. Tadinya emang mau betah di Wordpress aja, tapi balik lagi aja deh. Hahaha maaf ya, gue emang nggak konsisten.

Nah, selesai curhat tentang pindahannya. Sekarang, gue mau sharing aja tentang lika-liku dan awal mula gue memakai jilbab secara permanen #halah atau mungkin sekarang lebih dikenal dengan nama hijab kali, ya.

Jadi, gue itu udah sekolah berbasis agama Islam sejak SD. Dulu SD gue di M.I. Plus Asy-Syukriyyah, Tangerang. Itu lho, di daerah Cipondoh sampingnya perumahan Banjar Wijaya. Sekolah disitu asyik lho, soalnya yang cewek seragamnya pake celana bukan rok! Pas SD itu gue pernah sempet mau berhijab secara permanen tapi ya namanya juga anak SD, masih angot-angotan lah. Akhirnya, nggak jadi -_-

Lulus SD, gue melanjutkan SMP di MTsN 1 Tangerang di Cikokol yang deket SMAN 7 itu, lho! Mungkin karena masa peralihan, pas SMP itu gue rada bengal (?). Namanya juga baru mengenal dunia luar. Puncak bandelnya itu pas kelas 8. Pas facebook sama twitter lagi happening banget. Gue pernah upload foto pake mini dress ke facebook masa :( and I really really regret it now. Tapi sekarang udah dihapus, alhamdulillah.

Pokoknya dulu gue sering banget upload foto tanpa hijab ke facebook. Kalo inget-inget masa itu rasanya pengen balik lagi dan nggak akan pernah mau ngelakuin itu, deh. Mulai memasuki kelas 9, kayaknya udah rada taubat tuh. Mulai hapus satu per satu foto tanpa hijab di facebook. Sumpah foto gue waktu itu banyak banget! Butuh waktu beberapa bulan untuk ngapusnya #lebay

Lulus SMP, gue melanjutkan SMA ke MAN Tangerang. Btw, banyak yang sering nyebut nama sekolah gue ini MAN 1 Tangerang. Sebenernya nggak ada 1-nya, tau! *just saying* MAN Tangerang itu letaknya di Perum. Pas mau lanjutin sekolah ke MAN, kayaknya tuh timbul suara di hati "Masa dari SD sampe SMA sekolahnya berjilbab, tapi kalo di luar sekolah lepas jilbab?" Gue mulai mikir tuh. Apalagi, di saat temen-temen yang lain pada ribet daftar di SMA Negeri, cuma gue yang paling mantep banget lanjut ke MAN. Mau NEM gede kek, kecil kek, standar kek, pokoknya udah di MAN aja.

Nah, sejak masuk MAN itu lah gue mulai berjilbab secara permanen. Awalnya sih agak gimanaa gitu ya walaupun sekolahnya berjilbab terus. Tapi ya gue mikir gini "Apalagi yang mesti dikhawatirin? Panas? Gerah? Kayaknya nggak, deh. Kan udah biasa."

Pokoknya alhamdulillah banyak yang seneng sih, gue berjilbab permanen. Apalagi keluarga gue. Walaupun begitu, ternyata ada rintangannya juga! Bagi kalian yang awal-awal memakai hijab pasti pernah dapet tanggapan gini "Cakepan nggak berjilbab tau." atau "Nanti dapet kerjanya susah, lho!" Tanggapan itu pernah gue dapetin. Tapi gue cuek aja. Gue udah memantapkan hati untuk berhijab. Anggap aja respon-respon negatif itu sebagai ujian.

Semakin kesini, semakin nge-trend tuh, fenomena hijab yang bermacam-macam gaya. Gue juga sering nyobain hahaha pokoknya kalo lagi di kamar sendirian gue utak-atik aja pashmina atau jilbab segi empat sampe punya style baru. Alhamdulillah hijab makin hits ya, walaupun ada pro dan kontranya.


Tapi, gue sadar banget nih, kalo hijab gue belum sempurna. Soalnya masih suka pake hijab yang nggak menutup dada dan pake skinny jeans. Abis, pake rok kan ribet. Terus juga gue suka males pake kaus kaki padahal kan kaki itu juga termasuk aurat. Pokoknya sampe saat ini gue masih belajar lah ya, dan doakan semoga istiqomah! Terima kasih sudah membaca curhatan gue.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

You May Also Like

0 komentar