3 Cara untuk Menjauhi Narkoba

by - 10:26:00 PM


Halo semuanya! Dalam rangka menyemarakkan Hari Blogger Nasional yang jatuh pada hari ini, yakni 27 Oktober 2017, di postingan ini aku akan sharing mengenai pemicu penggunaan narkoba, bahayanya, dan apa yang sebaiknya kita—para generasi digital—lakukan untuk jauh dari narkoba. Serius banget sih, kayaknya postingan kali ini? Yaa.. begitulah. Karena aku pengen banget generasi digital nggak ada lagi yang menggunakan narkoba karena sudah tahu bahayanya. Oke deh, langsung aja masuk ke postingannya yuk!

Bagi kalian yang belum tahu, apa sih narkoba? Narkoba merupakan singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain narkoba, ada juga istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yaitu Napza yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

Narkoba ini tentunya sangat berbahaya karena dapat mengganggu sistem saraf dan organ-organ penting lainnya dalam tubuh. Selain menyerang fisik, narkoba juga dapat menimbulkan gangguan psikologis seperti sering gelisah, hilang rasa percaya diri, sulit berkosentrasi, dan bahkan bisa menyebabkan penggunanya sendiri untuk bunuh diri. Sayang banget kan, kalau anak muda udah terkontaminasi narkoba? Lebih baik kita gunakan waktu kita untuk berkarya dengan positif, ngeblog misalnya hehe…

Nah, di bawah ini aku akan memaparkan apa saja sih pemicu penggunaan narkoba ini yang biasanya menyerang para anak muda. Sebenarnya pemicu narkoba terdiri atas 3 faktor, yakni faktor diri sendiri, faktor lingkungan, dan faktor ketersediaan narkoba itu sendiri.

Maksud dari faktor diri sendiri adalah mungkin kita terlalu banyak waktu luang sehingga ingin mencoba hal-hal baru yang tidak kita ketahui akibatnya di kemudian hari. Terus bisa juga misalkan mau masuk ke gank tertentu dan diharuskan untuk memakai narkoba terlebih dulu untuk dapat diterima sehingga kita tidak bisa menolak. Sedangkan faktor lingkungan misalnya kita dari keluarga broken home sehingga butuh perhatian namun caranya yang salah. Lalu bisa juga dari lingkungan rumah atau teman-teman yang banyak menjadi pengguna sehingga kita ikut-ikutan. Kalau faktor ketersediaan narkoba sendiri bisa jadi karena saat ini penjualan narkoba sudah sangat bebas—walaupun tentu saja dilarang—dan bahkan ada beberapa yang dijual dengan murah. Selain itu, di era digital seperti sekarang tentu saja kita sudah mudah untuk mengakses di mana kita dapat membeli narkoba.

source: halosehat.com

Setelah mengetahui faktor-faktor pemicu narkoba, sekarang saatnya meneguhkan iman untuk menjauhi narkoba. Bagaimana sih caranya?
  1. Berinternet dengan Positif: Biasanya, anak-anak muda di era digital lebih banyak menghabiskan waktu untuk internetan dan walaupun terdapat banyak dampak positif dari internet, ada juga hal-hal negative yang bisa kita dapatkan dari internet. Hal inilah yang mesti kita saring dan kita mesti pandai memilah-milih. Boleh saja seharian main Instagram, tapi lebih baik jika kita sharing artikel-artikel bermanfaat juga di blog. Selain ngeblog, kita juga bisa baca-baca tentang bahaya narkoba di website www.stopnarkoba.com, lho!
  2. Mengikuti Kegiatan Positif: Kalau kamu bosan hanya berinternet ria, kita juga boleh banget untuk bersosialisasi dengan teman-teman baru di luar lingkungan sekolah atau rumah, lho! Di era digital sangat mudah untuk meng-apply sebagai volunteer atau mengikuti komunitas-komunitas yang kita sukai. Dengan memiliki semakin banyak teman, tentunya waktu yang kita habiskan akan semakin bermanfaat.
  3. Berhati-hati dengan Lingkungan: Akhir-akhir ini juga banyak bahaya yang mengintai seperti dihipnotis untuk menjadi pengguna atau diselipkan suntikan atau masih banyak cara mengerikan lain yang kita tidak habis pikir kenapa orang-orang tidak bertanggung jawab itu banyak sekali akal bulusnya. Cara kita untuk mencegah adalah tentunya dengan berhati-hati terhadap lingkungan sekitar. Walaupun kita banyak teman dari berbagai komunitas, kita tetap tidak boleh terlalu terbuka jika ada masalah karena bisa saja teman memanfaatkan hal tersebut untuk membujuk kita menggunakan narkoba.

Oke, teman-teman, itulah tadi 3 cara untuk menjauhi narkoba versi aku. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan selanjutnya! Bye ^^

#GenerasiDigital #NetizenBerkaryaTanpaNarkoba #StopNarkoba

You May Also Like

0 komentar